KeDubesPanama's Class: ASYIKNYA KULIAH DI POLITEKNIK PELUANG KESEMPATAN KERJA TINGGI
Welcome to KeDubesPanama's blog , hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 24 Januari 2010

ASYIKNYA KULIAH DI POLITEKNIK PELUANG KESEMPATAN KERJA TINGGI




Politeknik mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1982. Pada saat itu, pendidikan tinggi masih didominasi oleh institusi pendidikan jenjang sarjana. Karenanya pemerintah melalui Departemen Pendidikan menginginkan adanya institusi pendidikan yang dapat mengisi tenaga kerja ahli yang memiliki keterampilan untuk bekerja.
Pada tahun 2008 politeknik negeri yang ada di Indonesia sebanyak 26 buah. Bila dibandingkan jumlah penduduk di Indonesia dengan jumlah politeknik yang ada maka sangatlah kurang. Sebagai perbandingan, di Arab Saudi dengan penduduk 20 juta punya politeknik sebanyak 60 buah dan di Finlandia dengan penduduk 6 juta punya politeknik sebanyak 50 buah, sementara Indonesia dengan penduduk 220 juta lebih hanya punya 26 politeknik negeri dan beberapa politeknik swasta. Saat ini perbandingan politeknik dengan universitas masih tidak berimbang. Bila ingin meningkatkan mutu pendidikan maka rasio universitas dengan politeknik harus seimbang.
Pada saat ini di Indonesia terdapat sekitar 6.800 SMK yang tiap tahun meluluskan 1 juta lulusan. Jika saja 10 persen (100.000) lulusan SMK melanjutkan ke politeknik maka 26 politeknik negeri dan beberapa politeknik swasta yang ada di Indonesia tidak akan bisa menampung lulusan SMK. Kebanyakan politeknik negeri hanya menampung 1.500-an lulusan SMA/SMK sehingga jumlah politeknik mesti ditambah banyak di negeri ini.

Di sejumlah negara maju, meyakini bahwa program jalur pendidikan seperti politeknik merupakan andalan. Artinya, menjadi tumpuan bagi negara tersebut itu dalam membangun sistem kerja yang dapat sukses memasuki persaingan global. Dengan program berbasis keterampilan kerja dan vokasi, banyak negara berhasil membangun ekonomi mereka dan lapangan kerja banyak diisi tenaga-tenaga vokasi berilmu pengetahuan.
Salah satu tujuan didirikan pendidikan politeknik di Indonesia adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri atau perusahaan (link and match), sehingga lulusan politeknik memiliki daya saing tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.
Pendidikan politeknik diselenggarakan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional pada level supervisi di industri. Pendidikan politeknik adalah pendidikan tinggi vokasi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu, maksimal jenjang pendidikannya setara dengan program sarjana.
Sistem penyelenggaraan pendidikan yang diterapkan di politeknik adalah sistem paket, dimana setiap mahasiswa wajib mengikuti semua mata kuliah yang tercantum dalam kurikulum. Sistem paket diterjemahkan sebagai jumlah mata kuliah dengan total SKS per semester. Di samping menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keterampilan, lulusan politeknik dididik untuk memiliki jiwa wirausaha, berbudaya, berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun tingkat internasional.
Globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat menuntut tersedianya tenaga ahli yang terampil dan profesional dalam mengelola industri. Kebutuhan akan tenaga terampil dan profesional tersebut merupakan tugas bagi semua pihak khususnya bagi dunia pendidikan untuk memenuhinya. Meskipun secara kuantitatif cukup banyak lembaga yang bergerak di dunia pendidikan, namun lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di jalur profesional relatif masih sangat kurang jika dibandingkan dengan kebutuhan dunia industri. Terlebih jika dikaitkan dengan kualitas lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan di jalur pendidikan profesional tersebut, masih sangat terbatas jumlah lembaga pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan kalangan industri.
Dalam rangka mengisi kebutuhan dunia industri dengan tenaga kerja yang handal dan profesional, politeknik memegang peranan yang sangat penting. Politeknik sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan siap kerja (karena merupakan jalur pendidikan professional) sangat diharapkan dan bahkan dituntut untuk dapat mempersiapkan lulusan berdaya saing tinggi dan secara optimal mampu memenuhi dunia industri.
Kuliah di politeknik memiliki prospek yang cerah. Bahkan saat ini kebutuhan akan tenaga ahli di bidang teknik semakin dibutuhkan. Hal ini mengingat perkembangan dunia industri di Indonesia yang semakin lama semakin berkembang. Namun masih banyak masyarakat yang memiliki pandangan yang salah mengenai politeknik. Mereka masih beranggapan jenjang diploma terutama teknik, tidak bergengsi dan tidak ada jaminan masa depan.
Politeknik menawarkan program pendidikan vokasi pada berbagai jenjang pendidikan. Sebagai pengakuan dan bukti kelulusan, pendidikan politeknik memberikan ijazah dan hak untuk menggunakan gelar vokasi. Gelar vokasi terdiri atas Ahli Pratama (disingkat A.P) bagi lulusan program Diploma I, Ahli Madya (disingkat A.Md) bagi lulusan Program Diploma III, dan Sarjana Sains Terapan (disingkat S.ST) bagi lulusan Program Diploma IV yang ditempatkan di belakang nama pemilik hak atas penggunaan gelar yang bersangkutan.
Perkuliahan, sistem belajar mengajar dan kurikulum politeknik pun memiliki perbedaan dengan program studi jenjang sarjana. Untuk perkuliahan, politeknik menggunakan sistem seperti yang digunakan dalam industri. Salah satunya adalah jam kuliah yang menyerupai jam kerja. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa terbiasa dengan dunia kerja. Mahasiswa yang masuk politeknik seolah-olah sudah bekerja di suatu perusahaan. Lulusan politeknik disiapkan untuk mampu bekerja yang betul-betul mengembangkan keterampilan, untuk mencapai standar yang jelas, teliti, dan relevan di bidangnya masing-masing.
Berdasarkan data tingkat keterserapan dunia usaha dan dunia industri lulusan politeknik relatif tinggi. Ini berarti terdapat relevansi yang kuat antara kurikulum yang diterapkan dengan tuntutan lapangan kerja. Di saat krisis global masih berlangsung, dunia industri lebih banyak mencari sumber daya manusia (SDM) dari lulusan politeknik.
Namun, anehnya minat para lulusan SLTA atau masyarakat umumnya relatif rendah untuk menimba ilmu pada jalur pendidikan vokasional ini. Kenyataan di lapangan, betapa gelar kesarjanaan masih begitu kuat daya tariknya, meski nyatanya betapa besar angka penggangguran di level tersebut.
Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tempat kuliah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada banyak yang berpendapat bahwa membuat keputusan yang tepat dalam memilih tempat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi penentu masa depan. Bergabunglah dengan politeknik dan wujudkan masa depan yang lebih baik serta lebih cepat.
















DAFTAR PUSTAKA

Www.dikti.go.id. Diakses pada tanggal 17 September 2009.
Www.google.co.id. Diakses pada tanggal 16 September 2009.
Www.Indosdm.com. Diakses pada tanggal 16 September 2009.
Www.kompas.com. Diakses pada tanggal 16 September 2009.
Www.pnj.ac.id. Diakses pada tanggal 17 September 2009.
Www.republika.co.id. Diakses pada tanggal 17 September 2009.
www.wikipedia.ac. Diakses pada tanggal 17 September 2009.
Www.wordpress.com. Diakses pada tanggal 16 September 2009.




DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : Abdul Rauf
NIS : 12082
No. HP : 0852 6561 3771
E-Mail : Hamba_Rauf@Yahoo.com
Asal Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Alamat : Jln. Abdul Muis No.14 Sail Pekanbaru
Telp./Fax : (0761) 23073
Penghargaan yang pernah diraih dan karya-karya ilmiah yang telah dibuat:
1. Juara II pada Lomba Line Tracking Robot Contest yang diadakan oleh Politeknik Caltex Riau tahun 2009.
2. Juara II di bidang Robotik pada Lomba Festival, Lomba Seni, Olimpiade Olahraga, Olimpiade Sains, Gebyar dan Lomba Kreativitas Bagi Siswa Pendidikan Khusus Tingkat Provinsi Riau tahun 2009 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau.
3. Juara III pada Lomba Karya Tulis dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Koran Pekanbaru MX yang Ke-2, dengan judul “Dampak Pergaulan Bebas Bagi Remaja”, tahun 2008.
4. Juara Harapan I pada Lomba Karya Tulis Ekonomi dalam rangka menyambut Kompetisi Ekonomi (KOMPEK) yang Ke-10 yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dengan judul “Peranan Penyaluran Kredit Terhadap Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil Pada BPR Sarimadu Pekanbaru”, tahun 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar